Syarat Supplier Yang Harus Anda Pilih

Sebelum kamu memulai usaha sebaiknya kamu harus cari tahu mengenai beberapa supplier yang akan di ajak kerja sama. Dengan kamu memilih supplier yang tepat kemudian barang yang dimiliki juga berkualitas ditambah lagi tetap mengutamakan kepuasan konsumen, maka kamu sebagai penjual atau dropshipper akan terhindar dari resiko komplain dari customer.

Supplier adalah hal yang penting ketika kamu hendak berbelanja online. Pasalnya supplier yang baik pasti akan memberikan kualitas barang yang bagus untuk konsumennya. Sebaliknya, jika supplier yang asal-asalan dan hanya mementingkan keuntungan yang besar maka biasanya ia tidak terlalu mementingkan kepuasan konsumen, yang terpenting baginya hanyalah keuntungan semata.

Maka dari itu pastikan pilihan supplier kamu tepat agar tidak merugi di awal. Berikut ini syarat supplier yang harusnya kamu pilih.

  • Sistem Yang Jelas 
sistem dropship jelas

Pilih supplier yang sudah memiliki sistem termanajemen dengan baik, mulai dari proses pemesanan, proses pengecekan barang, proses konfirmasi pembelian, hingga proses pengemasan dan pengiriman barang kepada konsumen.

  • Layanan Dan Respon Cepat 
layanan dan respon cepat

Pilihlah supplier yang mudah dihubungi untuk berbagai kepentingan bisnis dan jangan biarkan konsumen menunggu terlalu lama.

  • Menjaga Konsistensi
menjaga konsistensi

Konsistensi dalam memberikan suplai pada bisnis kamu sangat penting, kamu harus bisa memastikan supplier memiliki kemampuan untuk selalu memberikan suplai pada bisnis kamu. Jangan sampai di tengah jalan supplier bisnis tersebut tidak mampu mengirimkan bahan baku yang Anda butuhkan.

Keadaan ini akan langsung berakibat pada perjalanan bisnis kamu, yang tentu akan tersendat. Ketika hal ini terjadi, ganti rugi dari supplier tidak berarti apa – apa karena terhambatnya produksi bisnis kamu akan membuat kredibilitas bisnis yang kamu bangun hancur di mata konsumen.

  • Melihat Track Record
melihat track record

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengetahui supplier tersebut terpercaya atau tidak, yaitu dengan melihat track record para customer atau pembeli yang pernah bertransaksi dengan suplier tersebut. Tetapi ada juga yang menggunakan testimoni palsu agar terlihat supplier tersebut meyakinkan, Jadi Anda harus berhati-hati. Agar tidak terkecoh, kamu bisa bisa melihatnya di page Facebook dari suplier tersebut, atau kamu bisa menanyakan kepada teman-teman sobat di forum-forum online shop apakah suplier yang akan kamu pilih tersebut terpercaya atau tidak.

  • Diskusikan Harga
diskusikan harga

Harga adalah faktor yang paling penting untuk menentukan menjalin kerjasama dengan supplier. Perhatikan masalah harga, meskipun bukan yang pertama, namun harga harus menjadi pertimbangan utama dalam mengambil keputusan. Meskipun mungkin ada supplier bisnis yang memiliki kualitas bagus, kemampuan yang mumpuni dan konsisten, namun harga yang ditawarkan terlalu tinggi sehingga membuat perusahaan tidak sehat, maka sebaiknya jangan diambil.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa supplier bisnis sejatinya seperti kamu juga, mereka adalah pengusaha yang sedang menjalankan bisnis untuk mendapatkan keuntungan. Jadi untuk masalah harga, biasanya tidak tetap atau sering berubah karena memang kondisi pasar yang sangat dinamis. Untuk pengusaha pemula sebaiknya pilih supplier yang menawarkan biaya tidak mahal namun juga jangan terlalu murah, dan yang utama memiliki kualitas yang bisa bersaing.

  • Ikut Membangun Brand Milik Kamu
membangun brand

Biasanya supplier akan menanyakan nama dropshipper dan nama toko online yang akan kamu kelola. Inilah manfaat yang akan anda peroleh untuk membangun brand dan merk toko kamu. Pihak supplier seharusnya selalu menjaga privacy dari mitrakerjanya yaitu para dropshipper mengenai sumber barang dagangnya, sehingga konsumen akan tetap menganggap bahwa produk tersebut asli dari pemilik dropship dengan mengatas namakan toko kamu pada signature pengiriman.

Kesimpulan

Tips cara mencari supplier adalah hal penting dalam toko online kamu. tapi, yang tidak kalah pentingnya adalah menemukan produsen atau pemasok untuk ide produk kamu, terutama di tahap formatif toko online kamu. Meskipun ini terlihat sangat mudah, namun kamu juga perlu berhati-hati baik dalam pemilihan pemasok hingga kulitas produk. Luangkan waktu untuk duduk dan berpikir secara strategis tentang apa yang anda jual. Ini benar-benar bisa membuat perbedaan antara bisnis gagal dan bisnis yang menguntungkan.

boleh kepoin juga : Transaksi Dropship Melalui Tokopedia


Demikian penjelasan mengenai Syarat Supplier Yang Harus Anda Pilih, semoga bermanfaat ya teman-teman. Selalu semangat dalam mencari Pengetahuan..

ADD YOUR COMMENT

Mau Belajar Bisnis Dan Internet Marketing
Dengan Expertnya ? Join Disini ya..

Terima kasih Anda sudah subscribe di newsletter kami.

There was an error while trying to send your request. Please try again.

TitikDigital : Belajar Bisnis Dan Internet Marketing will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.