Mencegah Trafik Blog Jatuh Akibat Algoritma Google Core

Mencegah Trafik Blog Jatuh Akibat Algoritma Google Core

Secara mengejutkan Google telah melakukan major update pada awal Agustus 2018. Padahal, sebulan sebelumnya Google juga sudah meluncurkan update terbaru untuk mobile search. Hal ini banyak membuat penurunan trafik yang sangat signifikan. Bahkan, beberapa blog ataupun website juga mengalami drop pada kata kunci yang cukup parah.

Melalui akun resmi google di twiteer menyatakan bahwa benar dalam minggu ini (tepatnya awal pertama di bulan Agustus) telah terjadi update pada sistem inti algoritma Google yang umumnya sering dilakukan dalam setahun.

Sebelum kita mencoba mengatasi trafik blog yang jatuh, kita harus tahu dulu apa yang menjadi penyebab trafik blog kita jatuh. Trafik blog jatuh disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah kesalahan atau tindakan kita dalam mengelola blog, misalnya kita baru saja ganti template, kita menyisipkan script-script di sumber laman yang menghalang-halangi jalannya pengindeksan googlebot, dan sebagainya. Hal ii bisa kita atasi dengan memperbaiki blog seperlunya. Sedangkan kesalahan ekternal adalah akibat perbuatan auto blog yang menyedot artikel kita, akibat teralu banyak di copas orang, dan sebagainya. Hal ini bisa kita atasi dengan memberikan take down ke google sandbox atau dmca google, maka trafik akan pulih.

 

Tapi jika mengatasi dampak atau efek dari algoritma google core, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Tingkatkan jumlah update artikel perhari dari biasanya selama terjadi penurunan. Updatenya harus artikel orisinil tentunya. Ini sebut sebagai masa kritis. Kita hanya bisa bertahan pada trafik semula, bukannya meningkatkan trafik.
  2. Hindari membuat konten dengan jumlah karakter huruf sedikit
  3. Jangan lakukan mencari backlink kemana-mana. Misalnya, jangan menautkan URL di situs-situs komunitas maupun men-submit URL di social bookmarking dan situs social boomarking karena justru malah berbahaya bagi keselamatan blog kamu dari update algoritma google. Situs-situs sosial bookmark bisa mencaplok blog kita sendiri suatu saat nanti.
  4. Gunakan template respomsive design atau mobile friendly
  5. Lakukan pendekatan ke google. Hal ini bisa anda lakukan dengan pengelolaan situs di webmaster tools dan pemeriksaan di google analitycs. Google akan mengikuti aktivitas anda disitu sehingga blog kamu akan mendapat dukungan dari google analitycs dan webmaster tools.

Mencegah Trafik Blog Jatuh Akibat Algoritma Google Core

Semoga bermanfaat ya teman-teman..

By. Arlina Design

Anda bisa lihat artikel lainnya : Cara Menampilkan Tombol Reaksi di Komentar Blogger

ADD YOUR COMMENT

Mau Belajar Bisnis Dan Internet Marketing
Dengan Expertnya ? Join Disini ya..

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

TitikDigital : Belajar Bisnis Dan Internet Marketing will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.