elemen elemen html

Elemen HTML Dasar yang Harus Diketahui Setiap Pemula

Selamat datang di Era Digital modern, di mana teknologi dan Internet berkuasa. Jika Anda memutuskan untuk belajar pemrograman komputer, maka Anda beruntung. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk memasuki industri yang luas dan terus berkembang ini.

Yang benar adalah, semua jenis bisnis telah belajar bahwa situs web yang fungsional dan menarik sangat penting untuk kesuksesan. Plus, sebagian besar situs web tersebut menggunakan bahasa pengkodean khusus di belakang layar. Salah satu bahasa pengkodean pengembangan web utama adalah Hypertext Markup Language (HTML).

Jika Anda siap untuk belajar HTML, Anda harus mulai dengan elemen HTML dasar yang akan Anda gunakan. Kemudian, Anda dapat memperluas basis pengetahuan Anda dan menjadi pembuat kode HTML yang paling cerdas.

Setelah semua, bahkan para ahli mengakui bahwa HTML adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer saat itu. Dengan kata lain, Anda memulai awal yang baik jika Anda ingin menjadi programmer utama!

 

Artikel Terkait : Mengenal HTML

 

Sintaks Dasar Elemen HTML

Sebelum Anda mulai mempelajari berbagai tag HTML, penting untuk memahami sintaks dasarnya. Tag HTML disusun dalam format garis sederhana, yang mudah dikenali. Namun, setiap elemen akan memiliki tanda kurung: “<>”.

Tanda kurung tersebut menunjukkan kepada pemrogram decoder bahwa elemen HTML baru telah dimulai atau berakhir. Faktanya, ada sebutan khusus untuk akhir dari tag HTML tersebut.

Saat Anda memulai elemen HTML, Anda akan membukanya dengan tanda kurung “<…>”. Kemudian, Anda mengetik semua informasi yang diperlukan tentang elemen itu. Saat Anda berada di akhir tag itu, maka, Anda akan menggunakan “” untuk menunjukkannya selesai.

Setiap elemen HTML, kemudian, memiliki braket pembukaan dan penutupan. Baca terus untuk contoh yang lebih spesifik.

html

Tag HTML

Setiap dokumen HTML akan memiliki tag ini melilit keseluruhannya. Di awal halaman, Anda akan mengetik “” di baris pertama. Lalu, tekan Enter.

Di seluruh halaman, Anda akan menambahkan banyak tag HTML lain sesuai kebutuhan. Namun, pada baris terakhir, Anda akan selalu memiliki satu “” akhir untuk dimasukkan. Ini sangat penting agar halaman web memiliki semacam cangkang pelindung di atas elemen HTML-nya.

 

Tag Kepala

Elemen pada baris HTML berikutnya akan menjadi tag “”. Di dalam elemen ini, Anda akan memasukkan informasi penting tentang apa judul halaman web ini.

Tag Kepala mungkin tidak memiliki data khusus yang dimasukkan di dalamnya. Sebaliknya, tag Kepala menyertakan informasi lain seperti tag Judul dan tag Meta. Namun, setelah semua itu, jangan lupa untuk menutup bagian ini dengan tag “”.

 

Tag Judul

Tag Judul cukup jelas. Ini akan menjadi judul halaman web Anda yang dapat dilihat oleh mesin pencari dan pengguna. Beri nama halaman web Anda sesuatu yang menarik dan relevan dengan isi halaman lainnya.

Di dalam tag Kepala, Anda akan menetapkan “”.

 

Meta Tag

Setelah tag Judul itu, praktik umum untuk memasukkan metadata tentang halaman web Anda. Informasi ini tidak terlihat oleh pengguna online mana pun. Sebagai gantinya, mesin pencari melihat data ini dan menganalisis kata kunci di dalamnya.

Gunakan tag “” untuk memastikan halaman web Anda mendapat peringkat tinggi dengan mesin pencari. Jika tidak, pengguna online bahkan mungkin tidak dapat menemukan situs web Anda!

 

Label Tubuh

Setelah HTML, Head, Title, dan Meta tag Anda, saatnya untuk konten utama halaman web. Semua informasi ini akan dimasukkan dalam tag “”.

Anda dapat menambahkan semua jenis konten seperti gambar, video, atau tabel data. Namun, jangan lupa untuk menyertakan tag penutup “!

html elemen

Baca Juga ; Panduan Untuk Penjualan 

 

HTML Hanya Awal dari Bahasa Pemrograman!

Anda mungkin senang saat ini dengan pemahaman baru Anda tentang HTML. Ini adalah salah satu bahasa pengkodean yang lebih mudah untuk dipelajari, itulah sebabnya mengapa sering diajarkan terlebih dahulu. Namun, ketahuilah bahwa Anda baru di awal perjalanan pemrograman Anda!

Faktanya, HTML tidak akan memberi Anda situs web menarik yang berkualitas tinggi sendiri. Bahasa berikutnya untuk belajar mungkin adalah Cascading Style Sheet (CSS). Saat Anda menggabungkan HTML dan CSS, Anda memiliki berbagai efek visual yang dapat Anda program di situs web Anda.

Selain itu, pintar untuk mempelajari lebih banyak bahasa pemrograman yang berhubungan dengan basis data di belakang layar. Salah satu contoh yang bagus adalah belajar JavaScript atau C # juga.

Namun, seiring waktu, Anda akan menemukan bahwa pengetahuan HTML Anda adalah fondasi yang bagus untuk pengetahuan pemrograman Anda. Anda akan mempelajari semua jenis trik berguna seperti cara mengonversi C # HTML ke dokumen PDF. Namun, terserah Anda, untuk terus belajar dan memanfaatkan sumber daya pendidikan yang tersedia.

 

Lanjutkan untuk Terus Mengetahui Tren dalam Pengembangan Web

Pada titik ini dalam artikel, Anda harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang elemen HTML dasar. Dalam waktu singkat, Anda akan menjadi programmer utama di dunia pengembangan web.

Tetap saja, jangan meremehkan nilai pendidikan lanjutan. Ada banyak seluk beluk untuk dinavigasi ketika datang ke pengembangan web yang tepat. Hal-hal selalu maju dan berubah, tetapi penting untuk mengikuti.

Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk terus mendapatkan informasi tentang pengembangan dan desain web. Jika Anda ingin menonjol di depan pesaing, Anda akan mengikuti tren populer industri.

Faktanya, di situlah kita bisa ikut bermain. Kami memprioritaskan menjadikan pembaca kami seperti Anda sebagai praktik terbaik di dunia pengembangan web saat ini. Untuk alasan itu, kami mendorong Anda untuk menelusuri seluruh situs web kami untuk panduan yang lebih berkualitas tentang membangun diri Anda sebagai ahli yang mengerti teknologi.

logo titik digital

ADD YOUR COMMENT

Mau Belajar Bisnis Dan Internet Marketing
Dengan Expertnya ? Join Disini ya..

Terima kasih Anda sudah subscribe di newsletter kami.

There was an error while trying to send your request. Please try again.

TitikDigital : Belajar Bisnis Dan Internet Marketing will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.