influencer

Cara Bekerja Dengan Media Sosial Influencer

Nama bisnis pemasaran pada tahun 2020 akan menjadi influencer marketing. Bahkan jika Anda telah melihat dampak yang dapat dimiliki seseorang dengan jutaan pengikut, itu bisa menakutkan untuk memulai.

Lagipula, bekerja dengan influencer tidak hanya bisa membuat dan menjalankan strategi pemasaran dengan orang-orang di tim Anda. Anda harus menjangkau dan bermitra dengan orang yang tepat untuk semuanya bekerja – jika tidak, maka kerja keras Anda akan sia-sia.

Jadi, bagaimana cara Anda menjangkau influencer dan melihat ROI yang tinggi? Baca terus untuk mengetahui cara menyempurnakan teknik penjangkauan itu pada tahun 2020.

social media influencers

Apa itu Influencer Marketing?

Pertama, mari kita pastikan kita semua ada di halaman yang sama. Apa itu influencer marketing?

Pemasaran influencer bermitra dengan kepribadian media sosial dengan audiens yang mungkin tumpang tindih dengan Anda. Mereka adalah orang-orang yang sudah memiliki pengikut yang setia dan berdedikasi yang mendengarkan apa yang mereka katakan – dan kemungkinan akan membeli apa yang mereka rekomendasikan.

Ada influencer di setiap niche, dari kebugaran hingga veganisme. Merek berada di jalur untuk menghabiskan lebih dari $ 15 miliar pada influencer ini pada tahun 2022, dan mereka akan melihat banyak uang kembali ke kantong mereka.

 

Cara Membuat Strategi Pemasaran Influencer

Industri ini berkembang pesat dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Bagaimana Anda memastikan bahwa Anda mendapatkan sebagian dari kesuksesan?

Semuanya dimulai dengan memastikan Anda memiliki strategi penjangkauan yang baik. Pemasaran influencer tidak semudah mengirim DM Instagram ke seseorang dengan tiga juta pengikut dan meminta mereka untuk mengirim gambar dengan produk Anda.

Strategi penjangkauan Anda harus sesuai rencana seperti kampanye pemasaran lainnya. Inilah cara Anda dapat melakukan influencer dengan cara yang benar.

 

Lakukan Riset Anda

Pertama, pastikan Anda melakukan uji tuntas tentang siapa yang ingin Anda ajak bekerja sama. Anda harus berpikir dengan hati-hati tentang siapa yang Anda jangkau.

Bagaimana kamu melakukan ini? Lihatlah siapa yang ada di niche Anda terlebih dahulu. Jika Anda menjual pakaian yang ditujukan untuk orang-orang yang suka permainan video, lihat untuk melihat siapa yang mendorong percakapan di bidang itu.

Setelah Anda mengidentifikasi beberapa orang penting, lihat konten mereka. Apakah kepribadian mereka cocok dengan merek Anda? Seberapa terlibat audiens mereka?

 

Baca Juga ; Memaksimalkan Strategi Traffic SEO Organik

 

Jangan Hitung Orang Kecil

Ketika beberapa bisnis memulai dengan influencer marketing, mereka mungkin berpikir bahwa mereka harus langsung pergi ke orang-orang dengan jutaan pengikut. Lagi pula, begitulah cara Anda mendapatkan lebih banyak iklan, bukan?

Belum tentu. Meskipun kadang-kadang orang dengan audiensi besar akan menjadi pendorong bagi merek Anda, mikro-influencer (orang dengan kurang dari sepuluh ribu pengikut) cenderung memiliki audiens yang lebih terlibat.

Pengikut mereka merasa seperti mereka mengenal mereka dan mereka lebih cenderung membeli sesuatu yang mereka rekomendasikan. Plus, mikro-influencer bisa lebih hemat biaya.

bisnis influencer

Tetapkan Anggaran Anda

Berbicara hemat biaya, Anda perlu mengetahui anggaran Anda sebelum mengirim satu pesan. Mereka mungkin kembali dengan nomor yang tidak Anda harapkan, terutama jika Anda baru mengenal permainan pemasaran influencer – orang dengan jumlah pengikut tinggi dapat membebankan biaya ribuan dolar per pos.

Tidak ada cara yang pasti untuk mengetahui berapa banyak biaya orang hingga Anda bertanya karena tidak ada skala pembayaran standar untuk influencer. Yang terbaik untuk mengetahui berapa banyak Anda bersedia membayar sebelum Anda menjangkau.

Anda juga dapat bernegosiasi – beberapa influencer bersedia sedikit menurunkan tarifnya untuk bisnis atau karena mereka sangat bersemangat.

 

Rencanakan Pitch Anda

Anda juga ingin merencanakan nada Anda. Setelah Anda mengetahui influencer yang ingin Anda hubungi, periksa situs web atau profil mereka untuk mengetahui apakah mereka memiliki pedoman tentang bagaimana mereka ingin dihubungi.

Beberapa akan memiliki email bisnis atau informasi spesifik yang ingin Anda sertakan dalam pesan awal itu. Pastikan Anda membaca pedoman itu dengan seksama – mereka mungkin menggunakannya untuk melihat siapa yang sebenarnya ingin bekerja dengan mereka dan siapa BCC seratus orang yang berbeda sekaligus.

Juga pintar untuk terlibat dengan mereka sebelum Anda mengirim email. Sukai konten mereka, atau bagikan di halaman Anda sendiri. Ini akan membantu mereka mengingat nama Anda ketika muncul di kotak masuk Anda.

 

Tentukan Lingkup

Saat Anda merencanakan pitch Anda, Anda juga harus memutuskan ruang lingkup kemitraan. Apakah Anda hanya meminta satu posting Instagram? Kemitraan berkelanjutan? Hadiah gratis?

Anda harus segera tahu apa yang Anda inginkan dari ruang lingkup kemitraan, terutama karena ini akan mempengaruhi harga awal yang mereka kutipkan kepada Anda. Jika ini adalah pertama kalinya Anda bekerja dengan seseorang, mungkin pintar untuk memulai dari yang kecil untuk melihat apa ROI Anda.

Jika Anda melihat respons yang hebat, Anda bisa membangun hubungan yang lebih lama dengan mereka.

sosial media

Baca Juga ; Media Sosial Adalah Tempat Sarana Marketing

 

Ingatlah untuk Berinteraksi

Akhirnya, begitu Anda mengirim pitch Anda dan memutuskan suatu kesepakatan, jangan lupa untuk terus berinteraksi dengan influencer! Tidak cukup bagi mereka untuk mempromosikan Anda kepada audiens mereka – penting juga bagi audiens untuk melihat Anda berinteraksi secara online.

Ini terlihat berbeda tergantung pada platform tempat influencer bekerja. Jika mereka menjalankan blog populer, bagikan ke halaman Facebook Anda. Jika mereka influencer Instagram, sukai dan komentari pos mereka. Promosi mereka kepada Anda bersifat publik – beberapa interaksi Anda juga harus demikian.

 

Tingkatkan Jangkauan Influencer Anda

Bekerja dengan influencer tidak harus mengintimidasi. Bahkan, mereka mungkin lebih bersemangat untuk bekerja dengan Anda daripada yang Anda pikirkan. Dengan panduan ini, Anda dapat menyempurnakan dan meningkatkan jangkauan influencer Anda dalam waktu singkat.

Ada banyak yang masuk ke pemasaran media sosial, dan kadang-kadang bahkan tim terbaik perlu sedikit bantuan. Kami mengerti. Itu sebabnya kami ada di sini.

Ingin memberi dorongan strategi pemasaran Anda? Kunjungi blog kami dan berlangganan untuk mendapatkan artikel bisnis terbaru dari kami.

TITIK DIGITAL

ADD YOUR COMMENT

Mau Belajar Bisnis Dan Internet Marketing
Dengan Expertnya ? Join Disini ya..

Terima kasih Anda sudah subscribe di newsletter kami.

There was an error while trying to send your request. Please try again.

TitikDigital : Belajar Bisnis Dan Internet Marketing will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.