logo firewall

Bagaimana Cara Kerja Firewall Dan Melindungi Bisnis Anda

Setiap 39 detik ada serangan hacker yang mempengaruhi satu dari tiga orang Amerika. Dari serangan cyber ini, 43% dari mereka menargetkan bisnis kecil. Dan total biaya kejahatan dunia maya ini adalah $ 600 miliar per tahun. Jika Anda memiliki bisnis kecil, statistik ini akan membuat Anda takut. Menjadi korban kejahatan dunia maya dapat melukai atau bahkan menghancurkan secara finansial bisnis kecil Anda. Dan banyak perusahaan tidak memiliki rencana darurat ketika bencana ini terjadi.

Jika Anda seorang pemilik usaha kecil, Anda mungkin ingin mulai melindungi diri sendiri dan jaringan Anda tetapi Anda mungkin tidak tahu harus mulai dari mana. Apakah ada cara untuk mencegah serangan dunia maya yang juga dapat disesuaikan untuk kebutuhan perusahaan Anda? Cara mudah adalah menggunakan firewall.

Anda mungkin pernah mendengar tentang firewall, tetapi Anda mungkin bertanya pada diri sendiri “Bagaimana cara kerja firewall?” Dan “Apa yang bisa dilindunginya?” Jawabannya sangat sederhana dan kompleks. Kami di sini untuk menyediakan panduan sederhana dan mudah untuk firewall dan cara kerjanya. Kami juga akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakannya dapat membantu menjaga bisnis kecil Anda tetap aman.

firewall

Bagaimana Cara Kerja Firewall?

Mari kita jawab dua pertanyaan Anda yang paling membakar tentang firewall. Apa itu firewall? Dan bagaimana cara kerja firewall?

Firewall, secara sederhana, seperti filter untuk jaringan Anda. Ini berfungsi seperti firewall aktual untuk menampung dan mencegah penyebaran materi berbahaya dari komputer Anda. Ini menentukan objek apa yang menjadi ancaman bagi komputer Anda dan mengkarantina mereka dari sisa jaringan Anda untuk mencegah penyebaran virus.

Sekarang Anda mungkin bertanya-tanya “Bagaimana firewall mengetahui informasi apa yang merupakan ancaman dan apa yang tidak?” Firewall dapat berfungsi baik dengan parameter inklusif atau eksklusif. Ini berarti bahwa firewall memungkinkan dalam beberapa informasi dan melarang informasi lainnya. Firewall memiliki daftar kontrol akses yang mengatur beberapa pedoman yang memungkinkan atau mencegah akses ke komputer atau jaringan tertentu. Daftar ini dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan komputer atau jaringan apa pun.

 

Apa Saja Jenis Firewall?

Sekarang setelah kami menjawab “Bagaimana cara kerja firewall?” Mari kita beralih ke berbagai jenis firewall.

Ada banyak cara mengategorikan firewall, jadi mari kita mulai dengan salah satu yang paling sederhana. Perangkat keras dan perangkat lunak. Perbedaan utama antara kedua firewall ini adalah bahwa perangkat lunak datang dalam bentuk program komputer yang dapat diinstal. Sebaliknya, perangkat keras adalah perangkat fisik. Meskipun perangkat lunak menawarkan perlindungan yang hebat, perangkat keras menawarkan perlindungan yang lebih baik karena seberapa dekat itu dengan router.

Firewall perangkat keras menghentikan ancaman sebelum mereka masuk ke jaringan. Firewall perangkat lunak bergantung pada hal-hal seperti browser atau sistem operasi untuk memberikan perlindungan. Firewall perangkat keras memindai informasi yang masuk untuk menemukan ancaman. Firewall juga dikategorikan berdasarkan cara mereka memblokir lalu lintas. Ada empat metode firewall yang digunakan untuk memblokir lalu lintas. Ini adalah level sirkuit, level jaringan, stateful multilayer, dan level aplikasi.

Baca Juga ; Strategi untuk Penargetan Panjualan 

1 Firewall Gateway Level Circuit

Firewall gateway level-sirkuit bekerja dengan mengganggu cara komputer berkomunikasi. Pada dasarnya, firewall melihat informasi yang dikirim oleh komputer lain dan menentukan apakah itu sah.

Dalam kasus penolakan serangan layanan, itu juga dapat menyembunyikan jaringan dari dunia luar. Ini sering merupakan salah satu bentuk perlindungan firewall termurah.

 

2. Firewall Tingkat Jaringan

Firewall tingkat jaringan, juga disebut filter paket, adalah firewall pertama yang tersedia secara komersial.

Mereka bekerja dengan menyaring lalu lintas ke jaringan dengan menggunakan tujuan, alamat IP, dan sumber informasi mereka. Proses ini dikenal sebagai packet filtering.

Meskipun firewall ini biasanya datang dengan sebagian besar router modern, mereka memiliki keterbatasan. Mereka biasanya tidak mengerti bahasa daring seperti XML (bahasa markah yang dapat diperluas) atau bahasa markup hiperteks HTML.

 

3. Stateful Multilayer Firewall

Mirip dengan firewall tingkat jaringan, firewall ini memfilter informasi dari jaringan sebelum mencapai tujuannya.

Namun, firewall ini menggunakan proses yang disebut penyaringan paket dinamis. Ini berarti bahwa firewall memonitor koneksi aktif dalam jaringan. Kemudian, ia menggunakan informasi untuk menentukan paket apa yang harus dibiarkan masuk melalui firewall.

Meskipun firewall ini memiliki banyak manfaat, kelemahan utamanya adalah harganya sangat mahal.

 

4. Firewall Tingkat Aplikasi

Firewall tingkat aplikasi juga dikenal sebagai firewall proksi atau Deep Packet Inspection (DPI). Mereka berfungsi dengan cara yang sama seperti firewall gateway tingkat sirkuit tetapi hanya berfungsi pada aplikasi individual. Mereka memblokir semua lalu lintas dari firewall dan menghentikan informasi agar tidak berdasarkan konten web dan bukan alamat IP.

Kelemahan utama dari jenis firewall ini adalah waktu dan harga. Firewall ini harus dikonfigurasi secara manual untuk setiap pengguna baru yang dapat memakan banyak waktu. Dan aplikasi harus secara manual memeriksa paket data yang juga intensif waktu.

Jenis keamanan firewall yang tepat untuk perusahaan Anda akan tergantung pada ukuran dan anggaran Anda. Tetapi ada cara mudah untuk menilai kebutuhan keamanan perusahaan Anda. Salah satu cara ini adalah dengan menggunakan rencana keamanan jaringan.

firewall melindungi web

Apa yang Dilindungi Oleh Firewell?

Sekarang setelah Anda tahu tentang berbagai jenis firewall komputer, Anda mungkin bertanya-tanya, “Apa yang dilindungi firewall?”

Jawabannya adalah bahwa itu tergantung pada jenis firewall tetapi umumnya, firewall melindungi dari berbagai ancaman dari virus terhadap penolakan serangan layanan. Serangan denial of service adalah serangan dunia maya yang membuat jaringan tidak dapat diakses oleh pengguna sasarannya.

Salah satu hal paling penting yang dilindungi firewall adalah pengguna web yang tidak sah agar tidak terhubung ke jaringan pribadi Anda. Bagi banyak perusahaan, ini adalah ketakutan terbesar mereka karena dapat menyebabkan pengguna yang tidak sah mencuri informasi dan menggunakannya untuk membahayakan bisnis Anda. Mencegah ini membuat bisnis Anda lebih aman dan melindungi informasi apa pun yang Anda kirim secara online.

 

Apa itu Firewall Terkelola?

Biaya ribuan dolar untuk menambah departemen TI ke perusahaan Anda. Bagi banyak usaha kecil yang memiliki departemen IT khusus terlalu mahal. Usaha kecil, sering ingin mengambil langkah-langkah keamanan yang serius seperti memasang firewall tetapi mereka takut bahwa itu akan membutuhkan mempekerjakan staf baru yang didedikasikan untuk TI. Dan bagi banyak orang, ini akan terlalu mahal.

Tetapi ada opsi dan itu adalah firewall yang dikelola. Firewall yang dikelola memonitor semua informasi tentang lalu lintas yang menuju  komputer Anda. Ini membuat data Anda lebih aman dengan biaya lebih rendah. Ketika Anda menginstal firewall yang dikelola Anda terhubung ke profesional yang mengawasi firewall Anda tanpa harus membayar biaya keterlaluan.

Firewall yang dikelola juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pemfilteran konten Web dan kontrol aplikasi. Pemfilteran konten web mencegah komputer Anda mengakses konten yang tidak menyenangkan yang mengancam situs Anda. Kontrol aplikasi membatasi fitur spesifik untuk meningkatkan output dan fokus karyawan.

Manfaat lain dari perangkat lunak ini adalah karena berbasis cloud, ia diperbarui secara otomatis. Ini berarti Anda tidak perlu berhenti bekerja setiap kali ada pembaruan perangkat lunak yang dijadwalkan.

melindungi perusahaan

Lindungi Perusahaan Anda Hari Ini

Bagaimana cara kerja firewall?

Ini mungkin salah satu pertanyaan paling penting yang Anda tanyakan sebelum merancang rencana keamanan data Anda.

Memahami cara kerja firewall hanyalah langkah pertama untuk memastikan jaringan Anda aman. Ada banyak elemen berbeda dalam rencana darurat keamanan yang baik yang bisa sangat besar.

Tetapi kami memiliki blog tentang keamanan data yang dapat membantu Anda. salah satunya Anda bisa baca hari ini adalah Cara Melindungi Blog Dari Ancaman Internet. 

logo titik digital

ADD YOUR COMMENT

Mau Belajar Bisnis Dan Internet Marketing
Dengan Expertnya ? Join Disini ya..

Terima kasih Anda sudah subscribe di newsletter kami.

There was an error while trying to send your request. Please try again.

TitikDigital : Belajar Bisnis Dan Internet Marketing will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.