Perbedaan Hosting dan Domain

Apa Sajakah Perbedaan Hosting dan Domain

Jika kamu memiliki pengunjung website, mereka akan menggunakan nama domain kamu untuk melihat website tersebut. Tapi sebelumnya apakah kamu tahu apa itu domain, dan apakah kamu tahu apasih perbedaan antara hosting dan domain itu? Dibawah ini akan dijelaskan apa sajakah perbedaan tersebut, agar kamu semua jadi lebih paham .

Hosting dan domain adalah objek yang sangat berbeda, tapi akan jadi satu kesatuan dalam sebuah website kita. Ketika seorang pengunjung situs mengetik nama domain kamu ke dalam browser, domain ini kemudian akan diterjemahkan kedalam alamat IP server sobat, maka server akan mengirimkan file ke pengguna situs kamu yang diwakili oleh masing-masing browser mereka.

Doamain adalah sebuah nama url website dengan ketentuan yang telah diatur oleh badan regulasi domain dunia. Nama domain ini sebagai pengganti dari alamat IP Address, sehingga pada saat kamu mengetik url nama domain di browser, maka yang kamu akses adalah server IP Address yang akan dituju. Nama domain biasanya memiliki akhiran atau ekstensi tertentu yang punya arti dan peruntukan yang berbeda. Berikut arti ekstensi atau akhiran nama domain dan peruntukkannya :

  1. Ekstensi.com – ekstensi nama domain yang banyak blogger, digunakan untuk kepentingan komersial seperti website perusahaan, toko online, atau untuk kepentingan komersial seperti website perusahaan, toko online, atau untuk blog pribadi dan bisnis online agar lebih familiar dan mudah diingat.
  2. Ekstensi.net – Ekstensi nama domain yang digunkan untuk kepentingan netwirk atau jaringan dan infrastruktur.
  3. Ekstensi.info – Ekstensi nama domain . info merupakan nama domain yang sering dipakai untuk keperluan informasi dan sejenisnya.
  4. Ekstensi.org – Ekstensi nama domain yang digunakan untuk kepentingan organisasi dan sejenisnya.
  5. Ekstensi.biz – Ekstensi nama domain yang digunakan untuk kepentingan bisnis dan sejenisnya.
  6. Ekstensi.edu – Ekstensi nama domain yang digunakan untuk kepentingan education atau pendidikan, ekstensi ini hanya dimiliki lembaga-lembaga pendidikan di Amerika Serikat saja.
  7. Ekstensi.gov – Ekstensi nama domain yang digunakan untuk kepentingan government atau pemerintah, sama seperti ekstensi.edu
  8. Ekstensi.tv – Ekstensi nama domain yng digunkan untuk website yang bergerak dibidang entertaiment seperti televisi, majalah dan sejenisnya.

 

Hosting adalah sebuah tempat penyimpanan data atau file data, dan serever biasanya bentuk dari hosting. Server tersebut hampir sama dengan PC komputer biasa yng memiliki Hardisk, RAM, Processor, dan lainnya. Tetapi server hosting yang dimaksud disini adalah yang disimpan sebuah data center yang dilengkapi dengan listrik, AC, UPS dan lainnya. Jadi bisa terhubung dalam suatu jaringan internet dengan kecepatan tinggi, sehingga dapat diakses oleh pengguna dari seluruh dunia.

Kesimpulannya adalah Hosting ini merupakan tempat penyimpanan data file/script, sedangkan nama domain adalah nama atau alamat saja. Jadi jika diibareatkan hosting itu sebuah rumah dab domain adalah alamat menuju rumah kita. Jadi supaya website kamu bisa diakses sebaiknya kamu haru membeli hosting dan nama domainnya

Perbedaan Hosting dan Domain

 

Semoga bermafaat ya…

Anda bisa lihat artikel lainnya : Memiliki Website untuk Bisnis Apakah Keuntungannya?

By. Arlina Design

ADD YOUR COMMENT

Mau Belajar Bisnis Dan Internet Marketing
Dengan Expertnya ? Join Disini ya..

Terima kasih Anda sudah subscribe di newsletter kami.

There was an error while trying to send your request. Please try again.

TitikDigital : Belajar Bisnis Dan Internet Marketing will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.