Taktik Mudah Membuat Email Marketing Bagi Pemula

Jangan anggap email marketing itu ”Jadul” bagi pembisnis, justru dari email marketing merupakan cara paling efektif untuk memasarkan bisnis.

Di era yang semakin canggih ini, persaingan pembisnis yang menggunakan email sebagai media promosi semakin ketat. Kenapa? karena, email yang masuk dalam inbox customer sudah tak terhitung jumlahnya. Tetapi, bagaimana jika seorang pemula ingin menggunakan email marketing? kemungkinan anda mengalami kebingungan bukan,?

Yapsz., Pada artikel ini, kita akan bahas cara menulis email yang dapat mencuri perhatian para customer. Di bawah ini adalah taktik yang dapat membantu anda :

  1. Subscribe salah satu brand, Anda dapat mengirim email secara konsisten baik dari waktu dan konten. Caranya, anda harus subscribe ke salah satu brand yang sudah terlebih dahulu sukses dari email marketing
  2. Cek inbox
  3. Cek email campaign pesaing anda
  4. Buat email

Untuk point ke-4, anda harus melakukannya. Yaps! Anda memang harus melakukannya, bisa jadi ini adalah langkah awal kesuksesan anda. Tetapi, sebelum anda memulai membuat email dan mengirimnya. Anda harus teliti, perhatikan waktu pengiriman email, misalnya anda dapat mengirim email di jam 10 pagi sesuai timezone penerima email. Ada baiknya anda mengirim email di siang hari, di jam-jam santai. Biasanya di jam-jam kemungkinan besar email anda yang dikirim akan mereka baca.

Namun, anda pun harus memperhatikan lebih teliti akan waktu pengiriman email. Misalnya, di hari libur kerja, si Audience akan lebih banyak waktu untuk bersantai, anda dapat melakukannya di jam yang tidak terlalu pagi .

Selain itu, anda pun harus membuat Subject line yang menarik perhatian. Tentunya itu sangat berpengaruh terhadap audience, berikut penjelasannya :

  • Buat subject line yang membuat penerima email merasa penasaran,usahakan subject line berhubungan dengan isi email. Supaya penerima email mengerti apa maksud dari email yang anda kirimkan.
  • Gunakan nada bicara yang asik
  • Gunakan pula bahasa-bahasa yang biasa di gunakan oleh penerima email di keshariannya, supaya mudah di mengerti.

Ketika anda menulis email, makan perhatikan isi email secara detail dan usahakan isi email yang anda kirimkan tertuju kepada satu orang. Pada kenyataannya, email lebih jauh efektif jika anda menulis sebuah email pribadi, dengan subject line dan pesan personal. Misalnya,  anda menyediakan waktu untuk  berbicara dengan pelanggan, hal ini sangat membantu anda. Adapun cara lainnya, dengan anda menggunakan bahasa yang seakan-akan anda sedang menulis email untuk teman/sahabat.

Setelah itu, anda harus perhatikan konten email. Hal ini sangat penting dalam open rates, Apabila mereka merasa nyaman dan senang dengan email yang anda kirimkan, kemungkinan besar mereka akan membuka email-email anda yang dikirimkan nantinya.

Lalu, bagaimana cara membuat pelanggan nyaman dan senang?  Caranya yaitu, melampirkan  resources seperti, link ke blog, Ebook, atau webinar. Jika Anda rutin mengirimkan email dengan konten yang tinggi, pelanggan email Anda akan menjadi pelanggan setia, dan tentunya open rates akan meningkat.

Demikian, artikel mengenai Taktik Email Marketing, Semoga bermanfaat.

ADD YOUR COMMENT