Mengenal Dropship dan Apa Saja Keuntungannya

Mungkin sebagian dari kalian sudah pernah mendengar yang namanya sistem dropship, memang kata ini sering dikaitkan dengan bisnis online mandiri. Dalam berbagai bisnis online yang dilakukan dengan cara marketing online, pastinya cara yang terbaik adalah memakai sistem droship, apalagi jika kamu tidak memiliki modal untuk membuka usaha online. Jika Kamu memiliki usaha jualan baju secara online maka mungkin ada beberapa yang bertanya kepada kamu bisa dropship apa tidak, dan mungkin bagi kamu yang memiliki keterbatasan modal maka dropship mungkin salah satu yang bisa menjadi alternatif peluang usaha .

Dengan dropship maka pemilik pelaku usaha dapat mengembangkan jaringan ataupun memiliki pasar yang jauh lebih luas. Dan bagi pelaku dropshipper maka anda dapat mempunyai suatu produk untuk dijual tanpa anda harus memiliki produknya. Tapi sebelumnya apa sih itu dropship? selain dropship anda bisa membuat toko online wordpress woocommerce sendiri.

  • Pengertian Dropship

Dropship adalah sistem dan pola bisnis yang popular terutama sejak kemunculan dunia digital internet. Dengan pola dropship, ada banyak pihak yang terbantu baik itu supplier, dropshipper dan konsumen atau pembeli. Supplier adalah pemilik barang yang memiliki stok, dropshipper adalah pihak penjual (marketer dan seller) yang menjual barang milik supplier, dan konsumen adalah pembeli yang membeli barang dari dropshipper.

  • Manfaat Dropship

Bagi kamu yang baru mulai menjalankan toko online, memulai dengan pengiriman bisnis dropship cukup mudah. Kamu hanya perlu mencari supplier, membuat website dan mulai berjualan. Biaya mulai usaha juga tidak terlalu Tinggi, biaya terbesar untuk memulai operasi ritel adalah membeli persediaan untuk dijual. Namun untuk menjalani bisnis Dropship, kamu tidak harus membeli dan menyediakan stok barang apa pun. Satu-satunya biaya yang akan dikeluarkan hanyalah biaya untuk membuat situs web. Dan tidak perlu khawatir jika barang tidak laku karena kamu juga tidak akan mengeluarkan biaya untuk barang yang dijual pada toko online, bisnis dropship resikonya sangat rendah. Jika barang tidak terjual, kamu tidak akan kehilangan apapun.

  • Cara Kerja Dropship

Sistem dropship ini sebetulnya bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan. 
kamu bisa memulai bisnis bahkan tanpa modal sedikitpun. karena dalam sistem dropship ini, Kamu bisa berperan sebagai seorang dropshiper yang tidak perlu memiliki stok barang. Sementara stok barang hanya cukup di pihak supplier saja. Detailnya seperti ini :

  1. Dropshipper mempromosikan barang  atau produk darisupplier dengan harga barang yang disesuaikan.
  2. Pembeli tertarik dan mengontak dropshipper untuk membeli produk yang dipromosikannya.
  3. Dropshipper mengontak pihak supplier karena ada pembeli yang ingin membeli produknya.
  4. Dropshipper membayar sejumlah uang ke pihak supplier dengan harga awal yang ditentukansupplier.
  5. Pihak supplier mengirimkan barang atau produk ke pembeli.
  • Keuntungan Menjadi Dropship

Sistem dropship sebetulnya bisamemberikan keuntungan bagi siapa saja yang ingin terjun ke dunia bisnis. Bagi supplier, mereka dibantu barangnya dipasarkan secara lebih luas. Begitupun bagi dropshiper, ini bisa menjadi peluang mendapatkan penghasilan besar. Selain itu:

  1. Dropshipper tidak perlu mengeluarkan banyak modal atau biaya untuk membuka toko online atau mempromosikan produk dari supplier. Dengan hanya bermodalkan blog gratisan atau juga promosi di sosial media saja anda sudah dapat menjadi seorang dropshipper.
  2. Dropshipper tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli barang atau menstok barangterlebih dahulu.
  3. Dropshipper tidak ikut campur di dalam proses pengiriman barang ke pihak pembeli.
  4. Dropshipper mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang dipromosikan dalam penjualannya. Contoh : Misalkan pihak supplier mematok harga produk seharga 100 ribu rupiah, dan pihak dropshipper mempromosikan barang seharga 130 ribu rupiah. Maka jika ada pembeli yang membeli di dropshipper tadi, ia akan mendapatkan keuntungan sebesar 30 ribu rupiah, dari selisih harga awal tadi.
  • Ada Keuntungan Pasti ada Juga Kereugiannya

Karena seorang dropshipper tidak ikut campur di dalam pengecekan kualitas barang maupun dengan proses pengiriman barang. Maka jika ada keterlambatan atau hambatan pada proses pengiriman barang. Dan juga produk yang tidak sesuai dengan harapan pihak pembeli. Maka pihak dropshipper akan mendapat komplain dan tanggapan negatif dari pihak pembeli. Tentunya semua hal tersebut dapat menjadi rumit, dan dapat berujung ke jalur hukum. Maka dari itu jika kamu menjadi seorang dropshipper. Pilihlah supplier yang terpercaya yang dapat diandalkan dan terbukti kualitas serta ketepatannya. Sehingga nantinya kamu dapat terhindar dari komplain dan reputasi buruk yang diutarakan oleh para pelanggan.

 

Demikian penjelasan mengenai Dropship dan Keuntungannya, semoga bermanfaat ya teman-teman. Selalu semangat dalam mencari Pengetahuan..

ADD YOUR COMMENT

Mau Belajar Bisnis Dan Internet Marketing
Dengan Expertnya ? Join Disini ya..

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

TitikDigital : Belajar Bisnis Dan Internet Marketing will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.