kesalahan kalimat

Hindari 7 Kesalahan Kalimat Saat Melayani Pelanggan

HMembangun bisnis online bagi sebagian orang sangat sulit, khususnya bagi kamu yang baru pertama kali mencoba. Jika saat ini kamu sedang memulai bisnis online untuk pertama kali, artikel ini membantu kamu menghindari kesalahan kalimat dalam berinteraksi kepada pelanggan. Hal ini wajib kamu ketahui agar para pelanggan kamu tidak merasa dirugikan dan bisa jadi pindah ke toko online sebelah.

Dalam kesempatan ini, kamu akan belajar bagaimana menghindari kesalahan kalimat kepada pelanggan saat membeli atau sedang bertanya tentang produk yang kamu jual.

  • Produk Kami Tidak Ada Yang Salah”

Meski kamu sangat yakin dengan kualitas produk yang kamu miliki, namun dimata konsumen atau pelanggan, bisa saja bernilai tidak sama dengan persepsi kamu. Maka saat ada keluhan atau kritikan dari pelanggan atas produk kamu, jangan sampai mengelak dan membela mati-matian produk tersebut. Jika hal ini terjadi, kepuasan pelanggan menjadi taruhannya. Apabila ada pelanggan yang datang atau memberitahu kekurangan produk kamu, maka yang harus kamu lakukan adalah mendengarkan. Pahami dan cobalah untuk mengerti mereka dan mintalah mereka untuk menjelaskan apa yang mereka alami dari produk kamu. setelah itu jadikan setiap keluhan dan kritikan dari pelanggan ini sebagai suatu hal yang membangun usaha bisnis online kamu.

  •  “Seharusnya Anda Membaca Keterangan Produk Kami Terlebih Dahulu”

Jangan coba sekali-kali memerintah dan menyalahkan konsumen dengan emosi kamu. Jika ada konsumen yang sering bertanya kepada kamu tentang apapun terkait produk, maka kamu harus melayaninya dengan sepenuh hati. Jawablah dengan baik dan sopan, jangan malah menuduh pelanggan tidak teliti dan membaca keseluruhan instruksi yang ada.

  • “ Silahkan Lihat Link Dibwah ini “

Kesalahan selanjutnya dalam melayani konsumen  yang sering dilakukan pebisnis lakukan adalah saat konsumen bertanya tentang produk kamu tetapi kamu hanya memberi jawaban “silahkan lihat link dibawah ini” tanpa penjelasan. Memang tidak ada yang salah saat kamu memberikan link tersebut, namun hal ini akan bermasalah jika link yang kamu cantumkan tidak kamu berikan penjelasan. Meskipun akan ada penjelasan saat link tersebut diakses namun bukan berarti kamu tidak memberikan penjelasan apa-apa dalam link di email tersebut. Hal ini tentunya akan merugikan bisnis kamu.

  • Sering Menggunakan Kata “Tapi”

Kata “Tapi” memang menjadi kata yang bermakna penolakan atau penyangkalan, apapaun itu alasan kamu. Jika sekali-dua kali mungkin masih bisa ditoleransi, namun jika kamu sering melakukannya beberapa kali, maka hal ini bisa menjadi fatal buat bisnis kamu. Pelanggan kamu bisa saja menjadi malas dan menurun kepercayaannya kepada produk kamu ketika sering menggunakan kata “tapi” ini. Maka dari sini usahakanlah hindari pengguanaan kata “Tapi” yang terlalu sering.

  •  “Saya Tidak Tahu”

Kalimat “Saya Tidak Tahu” yang seringkali dikatakan akan memberikan kesan bahwa bisnis kamu tidak profesional dan tak berpengalaman. Jangan terburu-buru mengatakan kondisi ketidaktahuan kamu pada pelanggan. Akan lebih baik jika mengatakan bahwa “hal ini akan coba kami periksa dan teliti terlebih dahulu”.  Hal ini bertujuan agar konsumen merasa didengar keluhannya, dilayani dan yang paling utama adalah mengejar kepuasan pelanggan pun tidak  akan sia-sia.

  • Menjawab Hanya Dengan “Satu Kata”

Jika ada konsumen yang datang kepada kamu dan bertanya dengan pilihan pilihan jawaban “Ya atau Tidak”, kamu tidak harus menjawabnya hanya dua pilihan kata tersebut. Tetapi kamu bisa membuat pernyataan yang lebih jelas dari pilihan jawaban tadi. Jika kamu hanya menjawab dengan “Ya atau Tidak” saja maka hal ini akan membuat pelanggan kamu merasa tidak dihormati atau dihargai. Jika hal ini terjadi maka kamu akan perlahan lahan akan kehilangan pelanggan.

  •  “Anda Bisa Mencobanya Lagi Nanti”

Namun sebaliknya kamu harus segera menyanggupi dan berusaha sebisa mungkin menyediakan waktu kamu untuk melayani pelanggan tadi. Jika memang kamu merasa memang tidak bisa mendahulukan layanan pada pelanggan, maka kamu harus mengkomunikasikannya terlebih dahulu dengan baik agar kepuasan pelanggan tidak terabaikan. Kamu harus selalu mengingat bahwa kepuasan pelanggan adalah hal yang harus selalu kita utamakan. Maka saat pelanggan merasa ingin membutuhkan service atau layanan dari bisnis kita, maka pada detik itulah kamu harus segera bergerak dan bertindak. Jangan mengulur-ulur waktu karena kamu merasa bahwa hal tersebut bisa ditunda.

Kesimpulannya :

Pelanggan yang sungguh-sungguh melakukan hubungan bisnis dengan kita haruslah kita perlakukan dengan sikap sopan dalam setiap situasi, meskipun pelanggan marah dan menunjukkan sikap permusuhan atau agresif. Kita harus mendengarkan juga alasan mengapa pelanggan menjadi marah, dan berbicaralah dengan sopan kepada pelanggan, dan berharap mendapatkan solusi yang dapat diterima. Profesionalisme mewajibkan seorang dropship tetap dapat menghadapi tingkah laku pelanggan dengan sopan.

Baca Juga : Awas Para Dropship, Harus Tahu Cara Menjaga Loyalitas Pelanggan

loyalitas pelanggan

Demikian penjelasan artikel yang berjudul “Hindari 7 Kesalahan Kalimat Saat Melayani Pelanggan”, semoga bermanfaat untuk teman-teman. Selalu semangat dalam mencari Pengetahuan.

ADD YOUR COMMENT

Mau Belajar Bisnis Dan Internet Marketing
Dengan Expertnya ? Join Disini ya..

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

TitikDigital : Belajar Bisnis Dan Internet Marketing will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.