Cara ini Cocok Bagi Dropship Bukalapak Pemula

Bukalapak merupakan salah satu e-commerce terbaik milik Indonesia. Di sini, masyarakat bisa memenuhi kebutuhan dengan cepat, mudah, dan enggak pakai ribet. Tinggal klik, belanjaan sudah tiba di rumah. Memang perkembangan teknologi membuat banyak hal terasa begitu dimudahkan. Sebagai masyarakat yang mengikuti perkembangan ini, sudah seharusnya turut serta menjadi bagiannya.

Jika kamu memutuskan untuk menjadi seorang dropshipper di Bukalapak, tentunya kamu akan sulit menemukan cara yang tepat dalam memulai bisnis kamu. Sebagai seorang pemula dropship kamu harus wajib mengikuti langkah-langkah dibawah ini agar kamu sukses menjadi dropshipper di bukalapak. Ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Selektif Memilih Supplier
selektif supplier

Bisnis dropship adalah bisnis yang sesungguhnya sangat bergantung pada supplier. Maka dari itu, pemilihan supplier yang tepat menjadi kunci kesuksesan dari bisnis ini. Perhatikan reputasi supplier tersebut terlebih dahulu, kemudian cek mengenai stok barang yang dijual. Perhatikan juga apakah supplier aktif di Bukalapak atau tidak, yang dapat dilihat melalui Last Login atau terakhir login di situs e-commerce tersebut. Jika Anda memutuskan untuk menjadi reseller atau dropshipper, maka Anda harus mampu bekerja sama dengan supplier. Supplier merupakan salah satu ujung tombak sukses tidaknya bisnis kamu. Jika salah pilih, siap-siaplah dapat bencana. Jadi apabila kamu ingin menjalankan bisnis dropship di Bukalapak, maka cobalah mencari supplier di marketplace selain di Bukalapak.

  • Membuat Akun Lengkap
buat akun dropship

Setelah anda menemukan supplier yang tepat, langkah paling awal yang harus kamu lakukan adalah membuat akun terlebih dahulu di bukalapak. Setelah itu, lakukan login dan isilah semua identitas kamu dengan benar sesuai dengan data identitas pribadi seperti nama, email, foto profil, dan lain sebagainya, untuk membangun reputasi yang terpercaya. Siapkan juga berbagai akun untuk promosi dan berjuala pada nantinya seperti akun Facebook, Twitter, Instagram, Messenger, hingga membuat sebuah situs atau toko online khusus.

  • Target Produk

Setelah membuat akun dengan lengkap, kini saatnya kamu mencari target produk yang akan dijual. Jangan fokus dulu pada banyak segmen, namun pilihlah segmen produk yang kamu yakini dan dapat kamu kenali dengan baik. Fokuslah pada produk yang di inginkan dan jadikan target produk yang akan kamu jual pada nantinya.

  • Post Produk ke Lapak
post produk

Setelah kamu membuat akun dengan benar, sudah membuka lapak di Bukalapak dan sudah tau target produk yang akan dijual nantinya tiba saatnya untuk memposting produk satu-persatu di lapak tersebut.

  • Promosikan Produk Gila-Gilaan

Setelah kamu memajang produk kamu secara rutin setiap hari, tidak ada artinya kalau kamu tidak melakukan promosi. Lakukanlah promosi pada toko kamu, bisa melalui:

– Blog pribadi

– Media sosial seperti Facebook atau Instagram

– Media chatting

– Di forum-forum yang relevan

– Promosi berbayar atau Push Promotion Bukalapak, FB Ads, IG Ads, atau Google Adwords

  • Gercep Alias Gerak Cepat
gerak cepat

Setelah sukses mempromosikan produk yang kamu jual dan jika ada pembeli yang membeli produk dropship kamu, maka kamu harus cepat untuk membeli produk di supplier, karna lebih cepat lebih baik.  Setelah kamu memesan produk ke supplier, tunggulah sampai supplier kamu menginput resi ke sistem marketplace supplier kamu. Kemudian segera kamu copy resi tersebut ke sistem Bukalapak, agar ‘status’ produk kamu berubah dari ‘sedang diproses’ menjadi ‘Sedang Dikirim’.

  • Konfirmasi Transaksi 
transaksi

Pastikan konsumen yang membeli tidak mengetahui kalau kamu berjualan menggunakan sistem dropship. Jalin kerja sama yang baik dengan suplpier. Jangan sampai terjadi kesalahan pengiriman nama online shop, dan sebagainya. Selain itu catat juga metode pembayaran yang digunakan kas atau kredit. Transaksi pembelian ini maksudnya, saat kamu melakukan pemesanan barang dan pembayarannya ke supplier. Catat transaksi tersebut beserta metode pembayarannya.

 

Demikian penjelasan mengenai Cara Dropship Sebagai
Pemula di Bukalapak, semoga bermanfaat ya teman-teman..

Selalu semangat dalam mencari Pengetahuan..

ADD YOUR COMMENT

Mau Belajar Bisnis Dan Internet Marketing
Dengan Expertnya ? Join Disini ya..

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

TitikDigital : Belajar Bisnis Dan Internet Marketing will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.